BASIS PENGETAHUAN VIDEO SANDISK

Definisi

Video HD

Video definisi-tinggi (Video HD) mengacu kepada video dengan kualitas dan resolusi yang lebih tinggi daripada video definisi-standar. Perbedaan ini mencakup resolusi tampilan sebesar 1.920 x 1.080 piksel untuk Video HD 1080p. Dukungan video mungkin bervariasi tergantung pada perangkat inang, atribut file, dan faktor lain.

 

Video Full HD

Video definisi-tinggi penuh (Video Full HD) mengacu kepada video dengan kualitas dan resolusi yang bahkan lebih tinggi daripada video HD. Perbedaan ini mencakup resolusi tampilan sebesar 1.920 x 1.080 piksel untuk Video Full HD 1080p. Dukungan video mungkin bervariasi tergantung pada perangkat inang, atribut file, dan faktor lain.

 

Video Ultra HD 4K/4K

Resolusi 4K termasuk Ultra High Definition (UHD), sebuah istilah yang mencakup tingkat resolusi, warna, dan rangka yang lebih baik daripada HD. Resolusi 4K adalah menjelaskan perangkat penampil atau konten dengan resolusi horisontal sekitar 4.000 piksel. Lebih khusus lagi, resolusi 4K dapat dipecah menjadi True 4K dan 4K UHD. True 4K (4K x 2K) memiliki resolusi 4.096 x 2.160 piksel. 4K UHD harus memiliki resolusi paling sedikit 3.840 piksel untuk panjangnya dan 2.160 piksel untuk tingginya, menjadikannya setara dengan dua kali lipat tinggi dan panjang layar 1.080p.

Beberapa resolusi 4K hadir di bidang televisi digital dan sinematografi digital. Dalam industri proyeksi film, Digital Cinema Initiatives (DCI) adalah standar 4K yang dominan. Dukungan video mungkin berbeda-beda tergantung pada perangkat host, jenis file, dan faktor-faktor lainnya. 4K UHD lebih umum digunakan dalam konteks rumah untuk layar TV mereka dan juga menjadi standar untuk banyak smartphone premium dan kamera. Di sisi lain, beberapa proyektor dan banyak kamera profesional sering mengunakan True 4K. 

Dengan hadirnya 4K, ada empat standar resolusi utama yang digunakan di rumah: definisi standar (480 p/540 p), definisi tinggi (720 p), definisi tinggi penuh (1.080 p) dan definisi tinggi ultra (2.160 p).

Kelas Kecepatan Video

Ada tiga jenis klasifikasi kecepatan video: Kelas KecepatanKelas Kecepatan UHS, dan Kelas kecepatan Video. Keduanya menunjukkan dukungan kecepatan tulis berkelanjutan minimum yang dibutuhkan untuk perekaman video agar kecepatan minimum dan konstan terjamin untuk kamera video dan kamera. Jika kartu tidak kompatibel dengan kualitas video yang dibuat, mungkin ada masalah seperti rangka jatuh, kesalahan perekaman, dan kebisingan tambahan. Lihat di bawah untuk potensi kesalahan kompatibilitas Kelas Kecepatan Video.

Rangka Jatuh

 

Kesalahan Perekaman

Kelas Kecepatan ditunjukkan sebagai Kelas 2, 4, 6, dan 10, sedangkan Kelas Kecepatan UHS ditunjukkan sebagai Kecepatan UHS Kelas 1 dan Kecepatan UHS Kelas 3. Kelas Kecepatan Video terbaru dibuat untuk memungkinkan resolusi video dan fitur perekaman yang lebih tinggi seperti beberapa aliran video, tangkapan 350 derajat, konten VR, atau video dengan resolusi 8K dan lebih tinggi. Kelas Kecepatan Video ditetapkan sebagai V10, V30, V60, dan V90. Kelas Kecepatan Video yang Lebih Tinggi mendukung video dengan resolusi yang lebih tinggi. 

Kartu dengan peringkat kelas yang lebih tinggi mendukung laju bit video yang lebih tinggi dan perekaman video yang lebih berkualitas. Kartu memori Kelas 4 SanDisk ideal untuk digunakan dalam perekaman Video HD, sementara kartu memori Kelas 10, Kecepatan UHS Kelas 1, dan Kecepatan UHS Kelas 3 mendukung perekaman video Full HD dan 4K Ultra HD. Periksa kamera/kamera video Anda untuk melihat peringkat kelas yang direkomendasikan.

Untuk kartu CompactFlash, cari Jaminan Kinerja Video (VPG). VPG-20 berarti Jaminan Kinerja Video diaktifkan untuk memastikan perekaman video pada kecepatan tulis berkelanjutan minimum 20 MB/s. VPG-65 berarti Jaminan Kinerja Video diaktifkan untuk memastikan perekaman video pada kecepatan tulis berkelanjutan minimum 65 MB/s. Kinerja mungkin lebih rendah bergantung pada perangkat host. 1 MB=1.000.000 byte.

Kelas Kecepatan Kelas Kecepatan UHS Kelas Kecepatan Video Kecepatan Tulis Lama Kualitas Perekaman Video
- - 90MB/dtk1 Video 8K+
- - 60MB/dtk1 Video 8K+
- 30MB/dtk1 Video UHD 4K
10MB/dtk1 Video Full HD
- 6MB/dtk1 Video Full HD
- - - Video HD
- - - Video SD

Bagan Kapasitas

Produsen perangkat menggunakan kodek kompresi (seperti MPEG-4, H.264, dll.) dan nilai bit yang berbeda, akibatnya ukuran file berbeda. Baca buku petunjuk perangkat host Anda untuk mendapatkan detailnya.

 

 

 

Pengungkapan

1. Kecepatan UHS Kelas 1 menunjukkan pilihan kinerja yang dirancang untuk mendukung perekaman video waktu-nyata dengan perangkat inang yang mendukung UHS. Kelas Kecepatan UHS 3 menunjukkan pilihan kinerja yang dirancang untuk mendukung perekaman video waktu-nyata dengan perangkat host yang mendukung UHS.